Senin, 18 April 2016

MAKALAH PENERAPAN KOMPUTASI MODERN PADA PT. KERETA API INDONESIA (Persero)

PENGANTAR KOMPUTASI MODERN


PENERAPAN KOMPUTASI MODERN PADA
PT. KERETA API INDONESIA (Persero)

Disusun Oleh :
                NAMA  KELOMPOK         : 1. Ayu Syafra Mazona
          2. Dini Triana
          3. Miftah Nur Imam
          4. Nur Chairudin
          5. Rizky Nugraha
          6. Yoga Wibowo
     KELAS                                : 4IA21


Universitas Gunadarma
2016






BAB I
PENDAHULUAN

           A.     Pengertian Komputasi

Komputasi diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Selama ribuan tahun, perhitungan dan komputasi umumnya dilakukan dengan menggunakan pena dan kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental, kadang-kadang dengan bantuan suatu tabel. Pada zaman sekarang ini, kebanyakan komputasi telah dilakukan dengan menggunakan komputer.

Secara umum iIlmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains). Dalam penggunaan praktis, biasanya berupa penerapan simulasi komputer atau berbagai bentuk komputasi lainnya untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam berbagai bidang keilmuan, tetapi dalam perkembangannya digunakan juga untuk menemukan prinsip-prinsip baru yang mendasar dalam ilmu.

Bidang ini berbeda dengan ilmu komputer (computer science), yang mengkaji komputasi, komputer dan pemrosesan informasi. Bidang ini juga berbeda dengan teori dan percobaan sebagai bentuk tradisional dari ilmu dan kerja keilmuan. Dalam ilmu alam, pendekatan ilmu komputasi dapat memberikan berbagai pemahaman baru, melalui penerapan model-model matematika dalam program komputer berdasarkan landasan teori yang telah berkembang, untuk menyelesaikan masalah-masalah nyata dalam ilmu tersebut.

         B.     Pengertian Komputasi Modern

Komputasi modern adalah sebuah konsep sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam sebuah memory, memory disini bisa juga dari memory komputer. Oleh karena pada saat ini kita melakukan komputasi menggunakan komputer maka bisa dibilang komputer merupakan sebuah komputasi modern. Konsep ini pertama kali digagasi oleh John Von Neumann (1903-1957). Beliau adalah ilmuan yang meletakkan dasar-dasar komputer modern. Von Neumann telah menjadi ilmuwan besar abad 21. Von Neumann memberikan berbagai sumbangsih dalam bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu komputer yang di salurkan melalui karya-karyanya . Beliau juga merupakan salah satu ilmuwan yang terkait dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II lalu. Kegeniusannya dalam matematika telah terlihat semenjak kecil dengan mampu melakukan pembagian bilangan delapan digit (angka) di dalam kepalanya.

 Dalam kerjanya komputasi modern menghitung dan mencari solusi dari masalah yang ada, dan perhitungan yang dilakukan itu meliputi:

1. Akurasi (big, Floating point)
2. Kecepatan (dalam satuan Hz)
3. Problem Volume Besar (Down Sizzing atau pararel)
4. Modeling (NN & GA)
5. Kompleksitas (Menggunakan Teori big O)

C. Jenis-jenis Komputasi Modern

Komputasi modern terbagi tiga macam, yaitu komputasi mobile (bergerak), komputasi grid, dan komputasi cloud (awan). Penjelasan lebih lanjut dari jenis-jenis komputasi modern sebagai berikut :

1. Mobile computing

Mobile computing atau komputasi bergerak memiliki beberapa penjelasan, salah satunya komputasi bergerak merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel dan mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel. Contoh dari perangkat komputasi bergerak seperti GPS, juga tipe dari komputasi bergerak seperti smart phone, dan lain sebagainya.

2. Grid computing

Komputasi grid menggunakan komputer yang terpisah oleh geografis, didistibusikan dan terhubung oleh jaringan untuk menyelasaikan masalah komputasi skala besar. Ada beberapa daftar yang dapat dugunakan untuk mengenali sistem komputasi grid, adalah :

  • Sistem untuk koordinat sumber daya komputasi tidak dibawah kendali pusat.
  • Sistem menggunakan standard dan protocol yang terbuka.
  • Sistem mencoba mencapai kualitas pelayanan yang canggih, yang lebih baik diatas kualitas komponen individu pelayanan komputasi grid.

3. Cloud computing

Komputasi cloud merupakan gaya komputasi yang terukur dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet. Komputasi cloud menggambarkan pelengkap baru, konsumsi dan layanan IT berbasis model dalam internet, dan biasanya melibatkan ketentuan dari keterukuran dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.
Adapun perbedaan antara komputasi mobile, komputasi grid dan komputasi cloud, dapat dilihat penjelasannya dibawah ini :

  • Komputasi mobile menggunakan teknologi komputer yang bekerja seperti handphone, sedangkan komputasi grid dan cloud menggunakan komputer.
  • Biaya untuk tenaga komputasi mobile lebih mahal dibandingkan dengan komputasi grid dan cloud.
  • Komputasi mobile tidak membutuhkan tempat dan mudah dibawa kemana-mana, sedangkan grid dan cloud membutuhkan tempat yang khusus.
  • Untuk komputasi mobile proses tergantung si pengguna, komputasi grid proses tergantung pengguna mendapatkan server atau tidak, dan komputasi cloud prosesnya membutuhkan jaringan internet sebagai penghubungnya.

D. Sejarah Komputasi Modern

Kata  “komputer” pertama kali pada tahun 1613, hal ini mengacu pada perhitungan aritmatika dan kata “komputer” digunakan dalam pengertian itu sampai pertengahan abad ke-20. Dari akhir abad ke-19 dan seterusnya. Berkembanganya komputer akhirnya makna komputer menjadi sebuah mesin yang melakukan komputasi.

Sejarah komputer modern dimulai dengan dua teknologi yang terpisah- perhitungan otomatis dan dapat di program-tapi tidak ada satu perangkat pun yang dapat dikatakan sebagai komputer, karena sebagian penerapan yang tidak konsisten istilah tersebut. Contoh-contoh awal perangkat penghitung mekanis termasuk sempoa (yang berasal dari sekitar 150-100 SM).  Seorang pahlawan dari Alexandria (sekitar 10-70 AD) membangun sebuah teater mekanis yang diadakan bermain berlangsung 10 menit dan dioperasikan oleh sebuah sistem yang kompleks dengan tali dan drum yang dipakai sebagai sarana untuk memutuskan bagian dari mekanisme. Ini adalah inti dari programmability.

Salah satu tokoh yang sangat mempengaruhi perkembangan komputasi modern adalah John von Neumann (1903-1957), Beliau adalah ilmuan yang meletakkan dasar-dasar komputermodern.Von Neumann telah menjadi ilmuwan besar abad 21. Von Neumann memberikan berbagai sumbangsih dalam bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu komputer  yang di salurkan melalui karya-karyanya . Beliau juga merupakan salah satu ilmuwan yang terkait dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II lalu.

Sejarah singkat dari perjalanan hidup dari Von Neumann , dilahirkan di Budapest, Hungaria pada 28 Desember 1903 dengan nama Neumann Janos. Dia adalah anak pertama dari pasangan Neumann Miksa dan Kann Margit.Nama keluarga diletakkan di depan nama asli. Sehingga dalam bahasa Inggris, nama orang tuanya menjadi Max Neumann. Pada saat Max Neumann memperoleh gelar, maka namanya berubah menjadi Von Neumann. Setelah bergelar doktor dalam ilmu hukum, dia menjadi pengacara untuk sebuah bank. Pada tahun 1903, Budapest merupakan  tempat lahirnya para manusia genius dari bidang sains, penulis, seniman dan musisi.

Von Neumann belajar berbagai tempat dan beberapa tempatnya di Berlin dan Zurich. Di tempat itu beliau mendapatkan diploma pada bidang teknik kimia pada tahun 1926. Pada tahun yang sama dia mendapatkan gelar doktor pada bidang matematika dari Universitas Budapest. Keahlian Von Neumann terletak pada bidang teori game yang melahirkan konsep seluler automata, teknologi bom atom, dan komputasi modern yang kemudian melahirkan komputer. Kegeniusannya dalam bidang matematika telah terlihat semenjak kecil dengan mampu melakukan pembagian bilangan delapan digit (angka) di dalam kepalanya.

Beliau pernah mengajar di Berlin dan Hamburg, Von Neumann pindah ke Amerika pada tahun 1930 dan bekerja di Universitas Princeton pada saat yang bersamaan Von Neumann menjadi salah satu pendiri Institute for Advanced Studies.
Von Neumann sangat tertarik pada hidrodinamika dan kesulitan penyelesaian persamaan diferensial parsial nonlinier yang digunakan, Von Neumann kemudian beralih dalam bidang komputasi. Von Neumann menjadi seorang konsultan pada pengembangan komputer ENIAC, dia merancang konsep arsitektur komputer yang masih dipakai sampai sekarang. Arsitektur Von Nuemann adalah seperangkat komputer dengan program yang tersimpan (program dan data disimpan pada memori) dengan pengendali pusat, I/O, dan memori.

Berikut ini beberapa contoh komputasi modern sampai dengan lahirnya ENIAC :

  • Konrad Zuse’s electromechanical “Z mesin”.Z3 (1941) sebuah mesin pertama menampilkan biner aritmatika, termasuk aritmatika floating point dan ukuran programmability. Pada tahun 1998, Z3 operasional pertama di dunia komputer itu di anggap sebagai Turing lengkap.

  • Berikutnya Non-programmable Atanasoff-Berry Computer  yang di temukan pada tahun 1941 alat ini menggunakan tabung hampa berdasarkan perhitungan, angka biner, dan regeneratif memori kapasitor.Penggunaan memori regeneratif diperbolehkan untuk menjadi jauh lebih seragam (berukuran meja besar atau meja kerja).

  • Selanjutnya komputer Colossus ditemukan pada tahun 1943, berkemampuan untuk membatasi kemampuan program pada alat ini menunjukkan bahwa perangkat menggunakan ribuan tabung dapat digunakan lebih baik dan elektronik reprogrammable.Komputer ini digunakan untuk memecahkan kode perang Jerman.

  • The Harvard Mark I ditemukan pada 1944, mempunyai skala besar, merupakan komputer elektromekanis dengan programmability terbatas.

  • Lalu lahirlah US Army’s Ballistic Research Laboratory ENIAC ditemukan pada tahun 1946, komputer ini digunakan unutk menghitung desimal aritmatika dan biasanya disebut sebagai tujuan umum pertama komputer elektronik  (ENIAC merupaka generasi yang sudah sangat berkembang di zamannya sejak komputer pertama Konrad Zuse ’s Z3 yang ditemukan padatahun 1941).













BAB II
PEMBAHASAN

      A.     Analisa Perusahaan
o   Profil & Sejarah Perusahaan

PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang selanjutnya disingkat sebagai PT KAI (Persero) atau "Perseroan" adalah Badan Usaha Milik Negara yang menyediakan, mengatur, dan mengurus jasa angkutan kereta api di Indonesia. PT Kereta Api Indonesia (Persero) didirikan sesuai dengan akta tanggal 1 Juni 1999 No. 2, yang dibuat dihadapan Imas Fatimah, S.H., Sp.N., Notaris di Jakarta, dan kemudian diperbaiki kembali sesuai
dengan akta tanggal 13 September 1999 No. 14. Akta pendirian tersebut telah mendapat pengesahan dari Menteri Kehakiman Republik Indonesia melalui Surat Keputusan tanggal 1 Oktober 1999 No. C-17171 HT.01.01.TH.99 dan telah diumumkan dalam Berita Negara Republik Indonesia tanggal 14 Januari 2000 No. 4 Tambahan No. 240/2000.

Riwayat PT KAI dibagi menjadi tiga periode, yaitu masa kolonial, sebagai lembaga pelayanan publik, dan sebagai perusahaan jasa. Pada masa kolonial, industri perkeretaapian dimulai pada tahun 1864 ketika Namlooze Venootschap Nederlanche Indische Spoorweg Maatschappij memprakarsai pembangunan jalan kereta api dari Semarang ke Surakarta, Jawa Tengah. Sejak itu tiga perusahaan lain berinvestasi membangun jalur-jalur kereta api di dalam dan luar Pulau Jawa. Perusahaan yang terlibat dalam industri kereta api zaman kolonial adalah Staat Spoorwegen, Verenigde Spoorwegenbedrifj, dan Deli Spoorwegen Maatscappij.

Periode perusahaan berorientasi pada pelayanan publik bermula pada masa awal kemerdekaan Indonesia. Pada tanggal 25 Mei berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 22 Tahun 1963, pemerintah Republik Indonesia membentuk Perusahaan Negara Kereta Api (PNKA). Pada 15 September 1997 berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 61 Tahun 1971, PNKA diubah menjadi Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA). Dengan status sebagai Perusahaan Negara dan Perusahaan Jawatan, PT Kereta Api Indonesia (Persero) saat itu beroperasi melayani masyarakat dengan dana subsidi dari pemerintah.

Babak baru pengelolaan PT Kereta Api Indonesia (Persero) dimulai ketika PJKA diubah menjadi Perusahaan Umum Kereta Api (Perumka) berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 57 Tahun 1990. Dengan status barunya sebagai perusahaan umum, Perumka berupaya untuk mendapatkan laba dari jasa yang disediakannya. Untuk jasa layanan penumpang, Perumka menawarkan tiga kelas layanan, yaitu kelas eksekutif, bisnis, dan ekonomi.

Pada tanggal 31 Juli 1995 Perumka meluncurkan layanan kereta api penumpang kelas eksekutif dengan merek Kereta Api Argo Bromo JS-950. Merek ini kemudian dikembangkan menjadi Kereta Api (KA) Argo Bromo Anggrek dan dioperasikan mulai tanggal 24 September 1997. Pengoperasian KA Argo Bromo Anggrek mengawali pengembangan KA merek Argo lainnya, seperti KA Argo Lawu, KA Argo Mulia, dan KA Argo Parahyangan. Untuk mendorong Perumka menjadi perusahaan bisnis jasa, pada tanggal 3 Februari 1998 pemerintah menetapkan pengalihan bentuk Perusahaan Umum
(Perum) Kereta Api menjadi Perusahaan Perseroan (Persero) berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 1998.

Dengan status barunya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) beroperasi sebagai lembaga bisnis yang berorientasi laba. Untuk tetap menjalankan sebagian misinya sebagai organisasi pelayanan publik, pemerintah menyediakan dana Public Service Organization (PSO).

o   Visi & Misi Perusahaan
1.       Menjadi penyedia jasa perkeretaapian terbaik yang fokus pada pelayanan pelanggan dan memenuhi harapan.
2.      Menyelenggarakan bisnis perkeretaapian dan bisnis usaha penunjangnya melalui praktik bisnis dan model organisasi terbaik untuk memberikan nilai tambah yang tinggi bagi pemangku kepentingan dan kelestarian lingkungan berdasarkan empat pilar utama: Keselamatan, Ketepatan Waktu, Pelayanan, dan Kenyamanan.

      B.     Perencanaan

Untuk membantu mencapai visi misi yang dimiliki perusahaan, maka PT. KAI membuat langkah inovatif dengan mengunakan atau menerapkan  komputasi modern dalam perusahaan tersebut dimana hal tersebut dimaksudkan agar pelayanan terbaik dapat selalu diberikan kepada konsumen pengguna jasa perkereta apian di Indonesia.

     C.     Implementasi Komputasi Modern

Penerapan komputasi modern pada website PT.KAI yaitu terletak pada fitur Layanan Pemesanan Tiket secara online melalui Aplikasi Mobile Milik (PT. KAI). Dengan layanan ini user/penumpang tidah perlu lagi datang langsung ke stasiun kereta api untuk membeli tiket, karena pembeli dapat memesannya secara online melalui Aplikasi Mobile. Tidak hanya untuk membeli tiket tetapi penumpang juga dapat melihat jadwal serta berita mengenai kereta api. Berikut tampilan aplikasi mobile milik PT. KAI :






Gambar dibawah Ini merupakan tampilan ketika user hendak membeli tiket maka dia dapat mengetahui bangku yang sudah terisi atau masih kosong dalam pemberangkatan yang hendak dibelinya.


Setelah melakukan booking atau pembelian tiket secara online maka calon penumpang hanya tinggal melakukan pembayaran melalui pilihan cara pembayaran yang telah dipilih dengan sebelumnya ditampilkan terlebih dahulu data pesanan yang dipesan seperti pada gambar dibawah



Dan pada fitur yang dimiliki aplikasi ini penumpang juga dapat melihat peta rute perjalanannya dan berisi informasi mengenai jumlah kilometer yang ditempuh serta informasi mengenai stasiun yang ditujunya.











BAB III
Penutup

A.     Kesimpulan

Dari uraian sebelumnya dapat disimpulkan bahwa komputasi modern sangatlah membantu jika diimplementasikan kedalam sebuah system. Seperti yang dilakukan oleh PT KAI yang bergerak pada bidang penyediaan jasa dimana dengen PT KAI menerapkan mobile computing yang merupakan salah satu jenis dari komputasi modern dapat sangat membantu konsumen dalam hal mecari tahu informasi mengenai jadwal kereta api ataupun dalam memesan atau booking tiket dimana penumpang menjadi tidak harus antri terlalu lama. Dan dari hal tersebut juga turut membantu PT KAI dalam mencapai visi & misinya memberikan layanan yang prima terhadap konsumen.

B.      Saran
Suatu pengembangan system yang telah dilakukan perlu adanya perawatan serta pengawasan agar system tersebut tetap berjalan semestinya, untuk itu disarankan agar system yang telah dikembangkan oleh PT KAI agar selalu dilakukan perawatan dan pengawasan untuk meminimalisasi kesalahan yang ada pada system tersebut serta selalu lakukan perbaikan layanan sehingga penggunaan komputasi modern tersebut dapat bertahan dan dioptimalkan.









DAFTAR PUSTAKA



Selasa, 05 Januari 2016

Menganalisa Website Berdasarkan Prinsip UI

Nur Chairudin
55412451
4IA21
Menganalisa Website Berdasarkan Prinsip UI

A.    Prinsip umum perancangan UI (User Interface).
ada 17 prinsip yang harus dipahami para perancang sistem, terutama untuk mendapatkan hasil maksimal dari tampilan yang dibuat. Anda tidak perlu bingung dengan apa yang dimaksud tampilan, karena salah satunya adalah tampilan seperti web ini.

1. User Compatibility : Semua User adalah tidak sama dan semua user tidak seperti developer,Designer harus paham tentang psikologi dasar.
2. Product Compatibility : Kompatibilitas antar produk harus diperhatikan dan dipertahankan (Mengorbankan perubahan UI dimana sistem mungkin lebih kompatibel).
3.  Task Compatibility : Struktur dan aliran sistem harus seseuai dan mendukung tugas user (pengguna).
4.  Work Flow Compatibility : Sistem harus diorganisasikan dengan baik sehingga dapat memfasilitasi transisi antar tugas user.
5.   Consistency : Konsistensi membuat user berfikir dengan meng-analogikan dan memprediksi bagaimana melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya.
6.   Familiarity : Konsep, terminologi, pengaturannya di antarmuka harus yang dipahami user dengan baik.
7.  Simplicity : Kesalahan umum yang terjadi pada perancangan interface adalah berusaha untuk menyediakan semua fungsionalitas. Gunakan konep default.
8.   Direct Manipulation : User secara langsung dapat melihat aksinya pada objek yang terlihat.
9.   Control : Dapat membuat frustasi dan demolarisasi bagi user, jika meraka merasa dikontrol oleh mesin. Misalnya penggunaan tombol next yang terlalu banyak.
10. WYSIWYG : Adanya korespondensi satu ke satu antara informasi di layar dengan informasi di printerd-output atau file.
11. Flexibility : Mengijinkan makin banyak kontrol user dan mengakomodir skill user yang bervariasi.
12.  Responsivness : Komputer harus selalu merespon dengan segera setiap input dari user.
13.  Invisible Technology : User sebaiknya mengetahui sedikit mungkin detil teknis bagaimana sistem diimplementasikan. Misal user tidak perlu tau atau bingung mengenai proses download.
14. Robustness : Sistem sebaiknya mentolelir kesalahan manusia yang umum dan tidak dapat dihindari,seperti lupa. Crash system harus diminimalisir, menyediakan recovery yang mudah dipahami jika terjadi crash.
15. Protection : User seharusnya memproteksi dari hasil-hasil yang menyebabkan 'bencana' karena kesalahan umum manusia tadi (pelupa). Misalnya user lupa password maka seharusnya sistem memproteksinya dengan fasilitas forgot password sehingga kemungkinan kecil orang lain tidak dapat mengakses.
16.  Ease of Learning : Sistem mudah dipelajari bagi pemula.
17.  Ease of Use : Sistem mudah digunakan baga para expert.


B.     Analisis Website tersebut.
Menganalisis website Pak Dikut Andi Nata, S. Kom selaku Dosen pengajar Rekayasa Perangkat Lunak 1 dengan alamat URL dikutandi.com, berdasarkan empat poin dari  prinsip dasar UI di atas. Adapun penjabarannya adalah sebagai berikut:



Tampilan awal website dikutandi.com

1.      Ease of Learning
Pada salah satu tutorial web developing yang diberikan, penjelasannya diberikan secara bertahap, dimulai dari pendahuluan yang berisi “apa guna artikel ini di-publish”, serta pembelajaran yang step-by-step dimulai dari langkah pertama, hingga seterusnya, yang dapat dilihat dari cuplikan gambar berikut ini. 

Adapun penjelasan tiap langkah disertakan dengan source code, yang disertai pemaksudannya juga. Terdapat pula penyertaan screenshot gambar dari tiap langkah tutorial yang berguna untuk mempermudah user dalam mencocokkan apakah langkah yang dilakukan sudah benar, atau masih belum sesuai dengan yang dijelaskan dalam artikel.  Menurut analisis saya, website ini sudah memenuhi kriteria easy of learning, yakni menampilkan konten yang mudah dipelajari dengan user (dengan tutorial yang step-by-step) sekaligus memicu user untuk mempelajari kontenwebsite (tutorial itu sendiri) dikarenakan adanya penyertaan source code dan screenshot langkah tutorial yang sudah cukup baik penempatannya.

2.      User familiarity
Pada tampilan awal web, menubar yang disediakan cukup menavigasi user dalam menggunakan website ini, dengan pilihan lima menu utama yang secara garis besar mencakup seluruh konten dari website ini. Adapun terdapat pula kolom Trending pada bagian atas laman yang sengaja diintegrasikan dengan kolom Terpopuler (di sebelah kanan laman), yang membuat tampilan web ini mudah dicari atau dilihat daftar konten terbarunya, sehingga meningkatkan user experience dalam penggunaannya (seperti website-website pada umumnya).

Menurut analisis saya, website ini telah memenuhi prinsip user familiarity, dengan menampilkan layoutmenubar, kolom Trending dan Terpopuler yang ditampilkan sesuai dengan user experience pengunjungwebsite pada umumnya.

3.      User diversity

Digunakannya bahasa yang familiar, gaul, dan disertai humor ringan yang menghibur namun tetap serius membahas pokok permasalahan di hampir tiap artikel, membuat konten website ini mudah dicerna oleh kalangan anak muda,web developer yang masih dalam tahap belajar, maupun yang sudah berada di tingkat lanjut dengan baik. Menurut analisis saya, dalam segi user diversity, website ini sudah memenuhi aspek experience yang mewakili beragam demografi pengunjung laman, sehingga website ini cocok dikunjungi atau dibaca konten artikelnya oleh seluruh kalangan pengunjung.

4. CONSISTENCY
website ini sesuai dengan isi , artinya website ini hanya berisi tentang tutorial tutorial yang hanya berhubungan dengan website yang dapat di lihat dari kategori yang di tampilkan 













Serta website ini juga kosisten menggunakan form website /tampilan website yang sama di setiap postingannya agar tidak membuat binngung user yang membacanya

Referensi :
              http://blogmpnamora.blogspot.co.id/2016/01/tugas-rpl1-analisa-website-dikutandicom.html
              http://lutfimiftahudin.blogspot.co.id/2016/01/menganalisa-sebuah-website.html
              http://yogawibowoo.blogspot.co.id/2016/01/pembahasan-pada-bagian-ini-saya-mencoba.html

Minggu, 03 Januari 2016

PROPOSAL PENGAJUAN USAHA PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA

PROPOSAL PENGAJUAN USAHA

PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA





Disusun Oleh :

Nur chairudin
Radif Elkholili
Miftah Nur Imam
Razi Yudha





FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS GUNADARMA
TAHUN 2015







----------------------------------------------------------------------------------



KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT serta shalawat dan salam kami sampaikan hanya bagi tokoh dan teladan kita Nabi Muhammad SAW. Diantara sekian banyak nikmat Allah SWT yang membawa kita dari kegelapan ke dimensi terang yang memberi hikmah dan yang paling bermanfaat bagi seluruh umat manusia, sehingga oleh karenanya penulis dapat menyelesaikan tugas kuliah ini dengan baik dan tepat waktu. 

Adapun maksud dan tujuan dari penyusunan proposal ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh dosen pada mata kuliah Pengantar Bisnis informatika. 

Dalam proses penyusunan tugas ini penulis menjumpai hambatan, namun berkat dukungan materil dari berbagai pihak, akhirnya penulis dapat menyelesaikan tugas ini dengan cukup baik, oleh karena itu melalui kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak terkait yang telah membantu terselesaikannya tugas ini. 

Segala sesuatu yang salah datangnya hanya dari manusia dan seluruh hal yang benar datangnya hanya dari agama berkat adanya nikmat iman dari Allah SWT, meski begitu tentu tugas ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu segala saran dan kritik yang membangun dari semua pihak sangat kami harapkan demi perbaikan pada tugas selanjutnya. Harapan kami semoga tugas ini bermanfaat khususnya bagi penulis dan bagi pembaca lain pada umumnya. 

Bekasi, Januari 2016


Penulis











--------------------------------------------------------------------------------------------------------------




BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Nama dan Alamat Perusahaan 
Nama perusahaan :”RIDdomain” 
Alamat perusahaan : Jl. Ir.H, Juanda kav 4 ruko niaga 1
No. Telp : (021) 55674889 

1.2. Nama dan Alamat Pemilik 
Nama pemilik   : Miftah Nur Imam
Alamat pemilik : Perum 3
No. Telp          : 021 8741117 

1.3. Nama dan Alamat Penanggung jawab 
:

Penanggung Jawab 1 :
Nama              : Nur Chairudin
Alamat            : Duren Jaya
No. Telp          : 021 54467894

Penanggung jawab 2:
Nama              : Radif Elkholily
Alamat            : Bantar Gebang
No. Telp          : 021 54472632

Penanggung jawab 2:
Nama              : Razi Yudha
Alamat            : Harapan Indah
No. Telp          : 021 54421321

1.4. Informasi tentang bisnis yang dilaksanakan 
Usaha ini merupakan jasa pembuatan domain website, domain yang dapat dibuat: (.co.id untuk perusahaan), (.biz.id untuk online shop), (.ac.id untuk akademi), (.or.id untuk organisasi).

Sebelum kami menjalankan perusahaan yang kami rencanakan ini, maka kami harus mempunyai modal usaha. Untuk merencanakan pemasaran, perusahaan kami akan mempromosikan dan mendistribusikan produk kami melalui pasar tradisional maupun pasar modern yang mudah terjangkau oleh para pembeli/konsumen. 

Adapun maksud dan tujuan kami mendirikan perusahaan ini yaitu: 
1) Berperan aktif dalam bidang bisnis dan kewirausahaan. 
2) Mengurangi tingkat pengangguran. 
3) Menjalin persahabatan antara pelanggan (konsumen), dan 
4) Mendapatkan keuntungan atau laba.





--------------------------------------------------------------------------------------------------------------




BAB II
RANGKUMAN EKSEKUTIF

2.1. Latar Belakang 

Perusahaan Bisnis “Riddomain” ini berdiri atas kerja sama serta keinginan kami yang memiliki hobi dan kegemaran serta pemahaman dalam bidang komputer, karena seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat.

Usaha ini merupakan jasa pembuatan domain website, domain yang dapat dibuat: (.co.id untuk perusahaan), (.biz.id untuk online shop), (.ac.id untuk akademi), (.or.id untuk organisasi).

2.2. Visi dan Misi 
Visi    : Mitra dan solusi bagi masyarakat dengan memberikan pelayanan atas pembuatan domain website
Misi   : Memberikan dan menerapkan pelayanan yang baik dan berkualitas demi kepuasaan pelanggan. 

2.3. Lokasi 
Lokasi yang dipilih merupakan tempat yang strategis di Ruko-ruko niaga Komp. Ir.H. Juanda karena berada tidak jauh dari stasiun dan terminal Bekasi, lokasi mudah terlihat dan berada di jalan utama yang merupakan jalan lalu lalang masyarakat sekitar sehingga dapat dengan mudah dicari dan didatangi. 

2.4. Ruangan / Tempat yang dibutuhkan 
Ruangan / Tempat yang dibutuhkan pada awal membuka usaha ini tidak terlalu luas dan juga tidak terlalu sempit, yakni 1 ruangan ukuran 15m x 8m. 

2.5. Waktu Operasional 
Waktu untuk melakukan pelayanan usaha ini dibuka dari pukul 09.00 pagi sampai dengan pukul 17.00 sore. 

2.6. Kesan / Counter Style 
Kesan yang akan kami bangun dalam melayani pelanggan adalah ”Comfortable and High Quality Service” sehingga pelanggan merasa nyaman berada di tempat pelayanan kami dan membuat mereka selalu ingin kembali karena pelayanan yang memuaskan. 

2.7. Konsep Promosi 
Membuat sebuah display di pintu gerbang perumahan dan mengandalkan informasi dari pelanggan ke pelanggan serta menyediakan brosur promosi. 

Selain itu, kami juga membuat advertisement secara on-line di internet agar bisa dijangkau masyarakat luas dengan cara melakukan transaksi atau pun bisnis on-line. Dengan cara ini kami optimis akan lebih mudah dan cepat dikenal oleh masyarakat. 

2.8. Target Pelanggan 
Target pelanggan kami adalah: Perusahaan, online shop , akademi, organisasi yang membutuhkan website yang memiliki target pengunjung terbanyak, khususnya untuk pengunjung di Indonesia karena kami membuat domain (.id) sehingga kami  memperkenalkan Indonesia lewat  domain (.id) dan dapat melirik pengunjung dari luar Indonesia untuk mengakses website pelanggan kami.
Harga Usaha domain ini memiliki tarif domain yang bermacam-macam, sebagai berikut : 

2.9 Syarat dan Ketentuan

·    Untuk setiap pembelian Domain .id akan mendapat Bonus Promo (selama masa berlaku).
·    Harga dan spesifikasi bonus dapat berubah sewaktu-waktu.
·    Gratis hosting hanya berlaku untuk 1 tahun pertama.
·    Harga dan promosi ini berlaku hanya selama masa promosi.
·    Kapasitas hosting gratis tidak dapat dijumlahkan/digabungkan dengan kapasitas Paket Hosting atau paket hosting gratis yang lain.
·  Hosting gratis dapat digunakan untuk bonus domain dari pembelian Paket Hosting (Untuk Pembelian domain & Paket Hosting Indoreg).
·        Untuk informasi lebih lanjut hubungi kami di info@Rid-domain.co.id atau di 021-88877755666.



--------------------------------------------------------------------------------------------------------------





BAB III
ANALISIS INDUSTRI

3.1. Prespektif Masa Depan Usaha 
Dengan terciptanya tempat usaha yang bergerak di bidang perdagangan, khususnya dalam hal teknologi komputer dengan lokasi yang strategis, maka kami yakin usaha ini akan maju. Karena kebutuhan dan permintaan akan kebutuhan pembuatan domain di kalangan masyarakat terutama sekitar Kota Bekasi serta kawasan Perkantoran dan instansi di Ruko Niaga pada saat ini sangat besar. 

3.2. Analisis Persaingan 
Berdasarkan pemantauan dan hasil survey yang ada bahwa di sekitar lokasi tempat yang kami dirikan usaha pembuatan domain ini masih belum terdapat sebuah tempat usaha jenis tersebut , maka dari itu kami ingin membangun usaha tersebut dengan suasana yang nyaman dan kekeluargaan. 

3.3. Segmentasi Pasar yang akan dimasuki
RID DOMAIN” membidik pasar dengan pemberian harga yang terjangkau. Pada prinsipnya kami akan membuka usaha ini dengan suasana kekeluargaan dan pelayanan yang baik, sehingga membuat masyarakat merasa puas dengan layanan kami dan senantiasa kembali ke tempat kami. Karena segmen pasar usaha ini cenderung banyak sehingga hal ini dapat memicu persaingan dengan usaha sejenis lainnya. 














--------------------------------------------------------------------------------------------------------------




BAB IV
DESKRIPSI USAHA

4.1. Produk yang dihasilkan 
 Perusahaan Bisnis “RID DOMAIN” ini berdiri atas kerja sama serta keinginan kami yang memiliki hobi dan kegemaran serta pemahaman dalam bidang komputer, karena seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat.

Usaha ini merupakan jasa pembuatan domain website, domain yang dapat dibuat: (.co.id untuk perusahaan), (.biz.id untuk online shop), (.ac.id untuk akademi), (.or.id untuk organisasi).

4.2. Ruang Lingkup Usaha 
Ruang lingkup lingkup usaha ini kami rancang dengan sebaik mungkin karena semua itu bisa berpengaruh terhadap maju mundurnya perusahaan kami, maka dari itu kami berusah memberikan sesuatu yang terbaik untuk konsumen. 
Perusahaan RID DOMAIN terletak : Jl. Ir.H, Juanda kav 4 ruko niaga 1 Bekasi Timur. Toko ini sudah memenuhi persyaratan berdirinya sebuah perusahaan, karena lokasi tersebut tidak terlalu jauh dari pemukiman penduduk dan akses transportasi menuju lokasi perusahaan sudah lancar karena merupakan jalan utama. 

4.3. Personalia dan Perlengkapan Kantor 
Pemilik                         : Miftah Nur Imam
Penanggung Jawab 1      : Nur Chairudin
Penanggung Jawab 2      : Radif Elkholily
Penanggung Jawab 3      : Razi yudha
Sekretaris 1                   : Nurul Aini 
Sekretaris 2                   : Raisa Iga E
Bendahara  1                 : Nikki Oktivany P
Bendahara 2                         : Prasidha Dibya 






--------------------------------------------------------------------------------------------------------------




BAB V
RENCANA PRODUKSI

5.1. Proses Produksi 
Proses produksi yang kami jalankan dalam perusahaan  ini dapat dilihat sebagai berikut : 
RID DOMAIN”→ Konsumen 

5.2 Perangkat Penunjang Bisnis
Usaha domain kami sangat menomor satukan domain pelanggan kami, kami memiliki perangkat penunjang bisnis domain kami, yaitu: 7 SERVER IBM SERI E-700 dengan kapasitas masing – masing 90TB dengan kecepatan 10TB/s.




















--------------------------------------------------------------------------------------------------------------



BAB VI
RENCANA PEMASARAN

6.1. Penetapan Harga 
Harga yang akan dikenakan adalah harga yang diperkirakan akan terjangkau oleh masyarakat sekitar. Setelah memperhitungkan dengan cukup matang, akhirnya kami tetapkan sebagai harga awal berikut adalah tabel harga jasa produk yang ditawarkan. adapun untuk selanjutnya harga akan disesuaikan dengan perkembangan selanjutnya. 

6.2. Pelaksanaan Distribusi 
Distribusi yang dilakukan perusahaan kami yaitu distribusi intensif, diusahakan sebanyak mungkin agar dapat menjual produk sebanyak-banyaknya dan lebih mendekati konsumen, sehingga lebih mudah dalam penjualannya dalam menghasilkan keuntungan yang sebanyak-banyaknya. 

6.3. Strategi Promosi yang akan dilakukan 
Strategi yang akan kami jalankan pada perusahaan ini antara lain : 
·      Membuat pamflet-pamflet b 
·        Melakukan iklan-iklan di dunia internet baik melalui situs jejaring sosial maupun forum. 






--------------------------------------------------------------------------------------------------------------




BAB VII
PERENCANAAN ORGANISASI

7.1. Job Description 
· Pemilik usaha bertugas untuk memantau jalannya usaha dan menerima laporan sebulan sekali dari hasil usaha. 
· Sekretaris bertugas untuk membuat surat-surat yang dibutuhkan oleh perusahaan, mencatat data. 
· Bendahara bertugas untuk membuat laporan keuangan setiap bulannya. 
· Penanggung jawab bertugas untuk bertanggung jawab mengenai kejadian-kejadian yang terjadi di Toko dan bertanggung jawab untuk memantau cara kerja bawahannya dalam melayani pelanggan. 
· Karyawan bertugas melayani para pelanggan dengan menerapkan prinsip pelayanan prima. 

7.2. Latar Belakang Tim Management 
Latar belakang tim management ini terdiri dari dari orang-orang terdekat yang dipercayai dapat memajukan tempat pelayanan yang berhubungan dengan usaha Toko perlengkapan alat-alat komputer tersebut. Selain itu dituntut profesionalisme dalam menjalankan setiap pekerjaan. 
Status Kepemilikan Usaha :
Badan usaha adalah kesatuan yuridis ekonomis yang bertujuan untuk mencari keuntungan. Adapun status kepemilikan  yaitu perseroan. Dimana pengelolaannya di lakukan langsung oleh pemilik toko. 











--------------------------------------------------------------------------------------------------------------





BAB VIII
RISIKO

8.1. Evaluasi tentang kelemahan Usaha (Analisis SWOT) 

·         Strength (Kekuatan) 
1. Bertanggung jawab, disiplin kerja, kreatif dan inovatif 
2. Dapat memenuhi kebutuhan pelanggan 
3. Memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan 
4. Menjual produk yang berkualitas 

·         Weaknes (Kelemahan)
1. Persaingan pasar dengan perusahaan yang berskala nasional 
2. Berubahnya kondisi perekonomian 

·         Oportunity (Peluang) 
1. Dengan tetap manjaga pelayanan, kami yakin kami dapat bersaing walaupun harus bersaing dengan perusahaan berskala nasional yang akan muncul di kemudian hari. 
2. Saat ini dengan belum adanya perusahaan dengan bidang usaha sejenis di Komp. Daan Mogot, membuat kami yakin bahwa kedepannya perusahaan kami akan maju. 

·         Threaty (Ancaman) : Munculnya Perusahaan - perusahaan baru yang sejenis yang berusaha menyaingi perusahaan kami, dengan beraneka ragam promosi diskon. 

8.2. Gambaran tentang Masa Kini
Resiko yang dihadapi adalah berupa ancaman terhadap kelangsungan jumlah kunjungan pelanggan. Dengan ini maka lambat laun akan semakin banyak orang yang mengunjungi toko lainnya. Sebagai upaya untuk mengantisipasi hal ini, maka kami selalu memberikan pelayanan yang baik terhadap konsumen. Dengan begitu pelanggan akan memiliki keterkaitan dan terus merasa perlu untuk datang ke tempat kami. 



--------------------------------------------------------------------------------------------------------------



BAB IX
PERENCANAAN PERMODALAN

9.1. Sumber-sumber permodalan 
Sebagai sumber awal mula pendirian RID DOMAIN yaitu dari pemilik toko sendiri. Sebagai investasinya untuk itu didirikanlah perusahaan dalam bidang perdagangan. 

9.2. Neraca Permulaan Perusahaan 
Modal yang kami butuhkan untuk mendirikan usaha domain adalah  Rp. 165.000.000 dengan rincian kebutuhan sebagai berikut:
Keuntungan laba minimal yang diperkiraan Rp. 30.000.000 per bulannya. Dengan asumsi sebagai berikut :Pembayaran paket domain /bulan: Rp. 2.000.000 (asumsi diakumulasikan untuk 10 paket untuk 10 domain = Rp.20.000.000). Pembayaran paket tambahan berupa penambahan hosting untuk Rp. 10.000.000 (asumsi penambahan hosting untuk masing – masing 10 domain untuk tambahan hosting 3GB per minggu).

      Biaya Pengeluaran :
Biaya Maintenance
Biaya Listrik
Biaya Karyawan (2 Admin, 1 Maintenance, 2 Officer, 1 Bendahara)
Total semua
Rp.
Rp.
Rp.


Rp.
1.000.000
500.000
22.000.000


23.500.000

Dari perhitungan di atas dapat disimpulkan bahwa laba bersih yang didapat adalah:
Laba bersih     = Pemasukan  –  Pengeluaran = Rp. 30.000.000 – Rp. 23.500.000 = RP. 6.500.000


9.3  Perencanaan Laba Rugi (CASH FLOW)







--------------------------------------------------------------------------------------------------------------





BAB X
APENDIKS

Sebagai pelangkap dari proposal ini, maka kami lampirkan pula 
1. Daftar Harga dari Pemasok Barang 
2. Surat Tanda Daftar Usaha Perdagangan 
3. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)



















--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

referensi :