Senin, 22 Juni 2015

Soft Skill

1.     Selama satu semester ini saya melakukan pencarian data dan materi mengenai Perkembangan Teknologi Game Dari Awal Sampai Sekarang. Dimulai dari apa itu pengertian game berdasarkan pendapat beberapa ahli, sejarah game, era mulainya game pada tahun 1889 – 1970 dan pada tahun 1971 – 1977, masa keemasan pada tahun 1978 – 1981 juga terdapat data dan materi generasi pertama hingga generasi kedelapan. Selanjutnya mengenai rancangan game impian saya dimana game yang akan saya buat suatu saat nanti ketika memiliki kemampuan untuk membuatnya. Game impian saya ini bernama Game tekad merdeka, game yang menggambarkan serorang prajurit yang dengan tekad dan semangat melawan penjajah untuk meraih kemerdekaan negaranya. Tujuan dari pembuatan game ini selain digunakan untuk permainan, juga bermanfaat untuk menimbulkan semangat nasionalisme bangsa kita yang mulai luntur dan juga diharapkan game ini dapat membuat kita bisa menghargai jasa jasa para pahlawan kita dan menggunakan sebaik-baiknya masa kemerdekaan yang kita punya untuk semakin membangun dan memajukan bangsa kita. Dan yang terakhir yaitu membuat game petualangan sekelas.
2.     Kendala yang ditemui adalah kurangnya materi yang diberikan sehingga agak sulit dan kurang jelas.
3.     Yang saya lakukan kedepannya adalah melakukan evaluasi terhadap diri sendiri apa yang harus saya lakukan agar bisa bermanfaat nantinya.

Senin, 04 Mei 2015

Game Impian

Pada penulisan tugas softskill kali ini saya ingin berbagi mengenai game impian saya, saya mempunyai impian untuk membuat game 3D dimana pada game ini pemain dikisahkan berada pada sebuah peperangan sengit yang mana mengisahkan pemain adalah seorang tentara indonesia yang berperang melawan sekelompok penjajah yang mencoba menjajah indonesia kembali, dilihat dari gambaran tokoh tersebut maka dapat diketahui saya ingin membuat sebuah game perang first person dimana game tersebut mengisahkan tentang pejuang negeri kita sendiri yaitu negeri indonesia.

Diawal game tersebut akan dikisahkan sekelompok negara berusaha datang dan kembali menjajah indonesia, dan disaat itulah ada seorang pria yang sebut saja namanya ucok dia telah bergabung dengan tentara nasional indonesia yang dia merupakan prajurit golongan bawah namun dengan tekadnya yang kuat demi membela tanah air ia akhirnya menjadi seorang jendral karna berhasil membela tanah air tercintanya.

Di game ini pemain akan memaikan si ucok sebagai prajurit di TNI dan game ini akan mengambil latar peperangan dari beberapa wilayah ditanah air, sehingga mempunyai stage permainan yang banyak dan tidak membuat gamers akan merasa jenuh dan bosan, pada game ini juga nantinya dirancang sehingga jika pemain yang memainkan ucok berhasil memainkan ucok dengan baik dan menyelesaikan misi stage-stage yang ada maka pemain akan mendapatkan promosi dan kenaikan pangkat, setiap kali si ucok berhasil menyelesaikan misi maka pangkatnya akan naik dan ia akan mempunyai anak buah yang dapat ia perintah dan mengawalnya. Namun semakin tinggi dan semakin banyak stage yang telah diselesaikannya maka tingkat perlawanan yang akan ia hadapi semakin berat.

Untuk membuat menariknya lagi pada game ini nantinya akan dibuat dengan menggunakan persenjataan yang semirip dengan aslinya pemain bisa dapat memakai benda-disekelilingnya sebagai senjata jika persedian peluru yang ia bawa habis dan bisa juga mengambil persenjawaan milik musuh.  Serta pada game dirancang juga untuk bisa menggunakan kendaraan yang ada dilokasi permainan ataupun kendaraan tempur milik indonesia dan kendaraan tempur lawan.

Pada saat pertempuran pemain terkadang dapat dibantu oleh masyarakat sekitar saat menghadapi para penjajah yang mencoba mengusik kemerdekaan indonesia, dan diakhir dari permainan ini nantinya para penjajah yang mencoba datang ke indonesia menyerah dan kedamaian serta kedaulatan indonesia tetap terjaga dan sebagai ganti atas apa yang telah dilakukan pemain atau ucok, pemain terakhir akan dipromosikan menjadi seorang jendral dan rayat indonesia bersorak gembira atas keberhasilan mengusir gangguan kemerdekaan.

Dari sedikit deskripsi game tersebut ini adalah game impian saya, yang mana jika saya diberikan kemampuan untuk membuat game tersebut semoga dapat tercapai dan terwujud, dan penulisan blog ini saya buat guna memenuhi tugas softskill yang diberikan kepada saya. Sekian.

Senin, 06 April 2015

Sejarah Perkembangan Game

Asal usul permainan video/video game terletak pada awal tabung sinar katoda berbasis pertahanan peluru kendali sistem pada akhir 1940-an. Program-program ini kemudian diadaptasi ke dalam permainan sederhana lainnya di era tahun 1950-an.  Pada akhir 1950-an dan melalui tahun 1960-an, lebih banyak permainan komputer yang dikembangkan (kebanyakan di komputer mainframe), secara bertahap tingkat kecanggihan dan kompleksitasnya pu turut bertambah. Setelah periode ini, video game menyimpang ke berbagai platform: arcade, mainframe, konsol, pribadi komputer dan kemudian permainan genggam.
Perusahaan komersial pertama konsol permainan video adalah Computer Space pada 1971, yang meletakkan dasar bagi industri hiburan baru di akhir 1970-an di Amerika Serikat, Jepang, dan Eropa.  tapi ini perusahaan tidak bertahan lama ini sebagian besar disebabkan oleh banjir dari video game yang datang ke pasar mengakibatkan keruntuhan total industri game konsol di seluruh dunia, akhirnya menggeser dominasi pasar dari Amerika Utara ke Jepang. Tapi inihanya mempengaruhi pasar game konsol, pasar game komputer sebagian besar tidak terpengaruh.  Generasi selanjutnya dari konsol video game akan terus didominasi oleh perusahaan-perusahaan Jepang.  Walaupun beberapa upaya akan dilakukan oleh Amerika Utara dan perusahaan-perusahaan Eropa, generasi keempat konsol, usaha mereka pada akhirnya akan gagal. . Tidak sampai generasi keenam konsol permainan video akan non-perusahaan Jepang merilis sebuah sistem konsol sukses secara komersial. Pasar telah mengikuti jalan yang sama dengan beberapa kali gagal dilakukan oleh perusahaan-perusahaan Amerika yang semuanya gagal di luar beberapa keberhasilan terbatas dalam permainan elektronik genggam sejak dini.  Saat ini hanya perusahaan-perusahaan Jepang memiliki sukses besar konsol game handheld, walaupun dalam beberapa tahun terakhir permainan genggam telah datang ke perangkat seperti ponsel dan PDA .

Generasi Pertama

Generasi pertama konsol permainan video berlangsung dari tahun 1972, dengan rilis dari Magnavox Odyssey, hingga 1977, ketika “pong”-style produsen konsol meninggalkan pasar secara massal karena pengenalan dan keberhasilan mikroprosesor berbasis konsol






Magnavox Odyssey 200

Generasi kedua

konsol generasi 2

Dalam sejarah komputer dan video game, generasi kedua (biasa disebut sebagai awal era 8 bit atau kurang lebih  4 bit era) dimulai pada tahun 1976 dengan merilis Fairchild Channel F dan Radofin 1292 Advanced Programmable Video sistem. Di era generasi kedua ini yang menjadi primadona konsol game adalah konsol game ATARI. Beberapa contoh konsol game pada generasi kedua dapat dilihat disamping. Dari ki-ka adalah Fairchild Channel F,Atari 2600, Magnavox Odyssey ver. 2 ,  Atari 5200

Generasi Ketiga
Generasi ketiga dimulai pada tahun 1983 dengan dipasarkannya Jepang Family Computer tau lebih dikenal dengan nama FAMICOM(kemudian dikenal sebagai Nintendo Entertainment System di seluruh dunia). Walaupun konsol generasi sebelumnya juga menggunakan 8-bit processor, pada akhir generasi inilah konsol rumah yang pertama kali diberi label oleh mereka “bit”. Ini juga masuk ke mode sebagai sistem 16-bit seperti Mega Drive / Genesis dipasarkan untuk membedakan antara generasi konsol. Di Amerika Serikat, generasi ini di game ini terutama didominasi oleh NES / Famicom. Di era ini pulalah terjadi perang konsol game yang pertama antara perusahaan konsol Nintendo dengan SEGA.

konsol FAMICOM dan SEGA

Generasi keempat
Generasi keempat atau biasa disebut dengan era 16 bit,pada generasi ini NES mendapat sambutan hangat di seluruh dunia, dan sebuah perusahaan bernama Sega mencoba menyaingi Nintendo. Pada tahun 1988, Sega merilis konsol next-generation mereka, Sega Mega Drive (yang juga dikenal dengan Sega Genesis). Konsol ini menyajikan gambar yang lebih tajam dan animasi yang lebih halus dibanding NES. Konsol ini cukup berhasil memberi tekanan, tetapi NES tetap bertahan dengan angka penjualan tinggi. Dua tahun berselang, pada 1990, Nintendo kembali menggebrak dengan konsol next-gen mereka, SNES (Super Nintendo Entertainment System). Selama 4 tahun, Nintendo dan Sega menjadi bebuyutan, meskipun ada beberapa produsen seperti SNK dengan NeoGeo-nya, NEC dengan TurboGrafx-16 dan Phillips CD-i, tapi kedua konsol mereka begitu handal dan populer.

Tahun 1989

Nintendo merilis game-handheld, Game Boy. Harga: $109.
NEC merilis video game sistem Turbografx-16, PC Engine versi Amerika Utara. Harga: $189.
Sega merilis video game system Sega Genesis. Harga: $249.
Atari merilis game-handheld berwarna pertama Atari Lynx. Harga: $149.
NEC merilis versi yang ditingkatkan dari console PC Engine mereka di Jepang, SuperGrafx. Hanya 5 judul game yang memanfaatkan video game ini dan tidak pernah dijual secara komersial di luar Jepang.
Tahun 1990
Trip Hawkins keluar dari Electronic Arts dan mendirikan 3DO.
NEC merilis Turbografx CD ekspansi untuk Turbografx-16, mengupgrade sistem tersebut dengan CD-ROM. Harga: $399.
SNK merilis Neo-Geo (AES), untuk pertama kalinya sistem yang benar-benar membawa arcade ke rumah. Harga: $699.
SquareSoft merilis Final Fantasy pertama yang nantinya menjadi role-playing game terbaik di sistem console.
Sega merilis game-handheld Game Gear.
Microprose terbentuk.
NEC merilis versi hanheld dari Turbografx-16 console mereka, TurboExpress.

Tahun 1991
Commodore merilis video game rumahan berbasis CD, CDTV. Harga: $999.
Fujitsu merilis FM Towns Marty, console 32-bit pertama di dunia.
Nintendo merilis Super Nintendo. Harga: $199.
Joe Santulli dan Kevin Oleniacz mendirikan Digital Press, publikasi independent kolektor video game berbagai sistem.
Dua penerbit PC entertaintment utama, Cinemaware dan Epyx, tutup.
Tahun 1992
Philips merilis video game rumahan berbasis CD, CD-i.
Sega merilis ekspansi Sega CD untuk Sega Genesis.

Generasi kelima
Generasi kelima atau disebut juga dengan era konsol 32 bit. dimana konsol game yang paling populer pada generasi ini adalah Sony Playstation


Generasi keenam
Generasi keenam ini ditandai dengan munculnya konsol-konsol game next generation dari masing-masing perusahaan seperti SONY, SEGA,Nintendo serta munculnya satu lagi konsol game baru yang diluncurkan oleh Microsoft yang diberi nama Xbox. Perang konsol game ini akhirnya mengakibatkan jatuhnya perusahaan konsol SEGA yang tidak dapat lagi meneruskan konsol next generation(Dreamcast) mereka dan lebih memilih untuk berkonsentrasi dibidang pembuatan game konsol.


Generasi ketujuh
Dikarenakan semakin canggihnya teknologi di bidang teknologi maka kemudian 3 perusahaan konsol terbesar(Sony, Nintendo, dan Microsoft) mengeluarkan kembali konsol next-generation mereka keluaran terbaru. Sony mengeluarkan konsol next-gen yang diberi nama PS3(Playstation 3), lalu Nintendo dengan Nintendo Wii kemudian Microsoft dengan Xbox 360. Pada generasi ini semakin dikembangkan sistem permainan online atau permainan yang melibatkan banyak pemain yang terhubung dengan konsol mereka dan semakin ditinggalkannya permainan single player

Referensi:
http://en.wikipedia.org/wiki/History_of_video_games
http://en.wikipedia.org/wiki/Mobile_game
http://en.wikipedia.org/wiki/PC_game
http://veggavcd.blogspot.com/2014/01/sejarah-perkembangan-video-game-konsol.html

Sabtu, 24 Januari 2015

Professi Di bidang IT

Saat ini ada banyak aneka profesi di bidang IT atau Teknologi Informasi. Perkembangan dunia IT telah melahirkan bidang baru yang tidak terlepas dari tujuan utamanya yaitu untuk semakin memudahkan manusia dalam melakukan segala aktifitas.

Munculnya bidang IT yang baru juga memunculkan profesi di bidang IT yang semakin menjurus sesuai dengan keahlian masing-masing.

Berikut ini merupakan aneka profesi di bidang IT yang perlu kamu ketahui jika ingin berkecimpung di bidang pekerjaan IT atau Teknologi informasi.

Programmer adalah orang yang membuat suatu aplikasi untuk client/user baik untuk perusahaan, instansi ataupun perorangan.

Tugas :
Membuat program baik aplikasi maupun system operasi dengan menggunakan bahasa pemrograman yang ada.

Kualifikasi :
Menguasai logika dan algoritma pemrograman
Menguasai bahasa pemrograman seperti HTML, Ajax, CSS, JavaScript, C++, VB, PHP, Java, Ruby dll.
Memahami SQL
Menguasai bahasa inggris IT

IT Support merupakan pekerjaan IT yang mengharuskan seseorang bisa mengatasi masalah umum yang terjadi pada komputer seperti install software, perbaikan hardware dan membuat jaringan komputer. Profesi ini cukup mudah dilakukan karena bisa dilakukan secara otodidak tanpa memerlukan pendidikan khusus.

Tugas:
Install software
Memperbaiki hardware
Membuat jaringan

Kualifikasi:
Menguasai bagian-bagian hardware komputer
Mengetahui cara install program atau aplikasi software
Menguasai sejumlah aplikasi umum sistem operasi komputer
Software Engineer adalah mereka yang memiliki keahlian untuk memproduksi perangkat lunak mulai dari tahap awal spesifikasi sistem sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan.

Tugas:
Merancang dan menerapkan metode terbaik dalam pengembangan proyek software

Kualifikasi:
Menguasai keahlian sebagai programmer dan system analyst
Menguasai metode pengembangan software seperti RUP, Agile, XP, Scrum dll.

Database Administrator adalah mereka yang memiliki keahlian untuk mendesain, mengimplementasi, memelihara dan memperbaiki database.

Tugas:
Menginstal perangkat lunak baru
Mengkonfigurasi hardware dan software dengan sistem administrator
Mengelola keamanan database
Analisa data di database

Kualifikasi:
Menguasai teknologi database seperti Oracle, Sybase, DB2, MS Access serta Sistem Operasi
Menguasai teknologi server dan storage.

Web Administrator adalah seseorang yang bertanggung jawab secara teknis terhadap operasional sebuah situs atau website.

Tugas:
Menjaga kelancaran akses situs (instalasi dan konfigurasi sistem)
Merawat hosting dan domain
Mengatur keamanan server dan firewall
Mengatur akun dan kata sandi untuk admin serta user

Kualifikasi:
Menguasai keahlian seorang programmer
Menguasai jaringan (LAN, WAN, Intranet)
Menguasai OS Unix (Linux, FreeBSD, dll)

Web Developer adalah mereka yang memiliki keahlian untuk memberikan konsultasi pembangunan sebuah situs dengan konsep yang telah ditentukan.

Tugas:
Menganalisa kebutuhan sistem
Merancang web atau situs (desain dan program)
Mengaktifkan domain dan hosting
Pemeliharaan situs dan promosi

Kualifikasi:
Menguasai pemrograman web
Menguasai pengelolaan database
Mengerti domain dan hosting
Menguasai sistem jaringan

Web Designer adalah mereka yang memiliki keahlian dalam membuat design atraktif dan menarik untuk situs serta design untuk kepentingan promosi situs secara visual.

Tugas:
Mendesain tampilan situs
Memastikan tampilan gambar berfungsi ketika ditambahkan bahasa pemrograman

Kualifikasi:
Menguasai HTML, CSS dan XHTML
Menguasai Adobe Photoshop & Illustrator
Memiliki jiwa seni dan harus kreatif
Itulah aneka profesi di bidang IT yang sangat potensial untuk dijadikan karir ke depannya dan profesi di bidang IT ini mungkin saja akan semakin bertambah seiring berkembangnya dunia teknologi informasi sehingga kesempatan mencari lowongan kerja it atau sesuai bidang ini semakin terbuka lebar.

Network Engineer adalah orang yang berkecimpung dalam bidang teknis jaringan computer dari maintenance sampai pada troubleshooting-nya.
Tugas :
Membuat jaringan untuk perusahaan atau instansi
Mengatur email, anti spam dan virus protection
Melakukan pengaturan user account, izin dan kata sandi
Mengawasi penggunaan jaringan

Kualifikasi :
Menguasai server, workstation dan hub/switch
System Analyst adalah orang yang memiliki keahlian untuk menganalisa system yang akan diimplementasikan, mulai dari menganalisa system yang ada, kelebihan dan kekurangannya, sampai studi kelayakan dan desain system yang akan dikembangkan.
Tugas :
Mengembangkan perangkat lunak/software dalam tahapan requirement, design dan construction
Membuat dokumen requirement dan desain software berdasarkan jenis bisnis customer
Membangun framework untuk digunakan dalam pengembangan software oleh programmer Kualifikasi :
Menguasai keahlian sebagai programmer
Menguasai metode dan best practice pemrograman
Memahami arsitektur aplikasi dan teknologi terkini


sumber : http://forum.detik.com/ragam-profesi-di-bidang-it-t487710.html

Ancaman Melalui IT

Jenis-Jenis Ancaman Melalui IT


Ancaman ini mendasarkan pada komputer sebagai alat untuk melakukan tindakan yang tidak benar. Penggunaan sistem berbasis komputer terkadang menjadi rawan terhadap kecurangan (fraud) dan pencurian.

Metode yang umum digunakan oleh orang dalam melaku kan penetrasi terhadap sistem berbasis komputer ada 6 macam :

1.    Pemanipulasian
Masukan Pemanipulasian masukan merupakan metode yang paling banyak digunakan, mengingat hal ini bisa dilakukan tanpa memerlukan ketrampilan teknis yang tinggi. Contoh seorang teller bank ditemukan mengambil uang dari rekening-rekening bank melalui sistem komputer.

2.    Penggantian Program 
Pemanipulasian melalui program biasa dilakukan oleh para spesialis teknologi informasi.

3.    Penggantian berkas secara langsung
Pengubahan berkas secara langsung umum dilakukan oleh orang yang punya banyak akses secara langsung terhadap basis data.

4.    Pencurian data
Dengan kecanggihan menebak password atau menjebol passWord para pencuri berhasil mengakses data yang seharusnya tidak menjadi hak mereka.

5.    Sabotase
Sabotase dapat dilakukan dengan berbagai cara. Istilah umum digunakan untuk menyatakan tindakan masuk ke dalam suatu sistem komputer tanpaotorisasi, yaitu hacking.


Berbagai teknik yang digunakan untuk melakukan hacking :

•    Denial of Service
Teknik ini dilaksanakan dengan cara membuat permintaan yang sangat banyak terhadap suatu situs sehingga sistem menjadi macet dan kemudian dengan mencari kelemahan pada sistem sipelaku melakukan serangan pada sistem.

•    Sniffer
Teknik ini diimplementasikan dengan membuat program yang dapat melacak paket data seseorang ketika paket tersebut melintasi Internet, menangkap password atau menangkap isinya.

•    Spoofing
Melakukan pemalsuan alamat email atau web dengan tujuan untuk menjebak pemakai agar memasukkan informasi yang penting seperti password atau nomor kartu kredit.

Berdasarkan Sasaran Kejahatannya
•    Menyerang Individu (Against Person)
•    Pornografi.
•    Cyberstalking
•    Cyber-Tresspass, Contoh: Web Hacking, breaking the PC, Probing, Port Scanning, dsb.
•  Menyerang Hak Milik (Against Property), Contoh: carding, cybersquatting, typosquatting, hijacking dan data forgery.
•    Menyerang Pemerintah (Against Government)