Sabtu, 24 Januari 2015

Ancaman Melalui IT

Jenis-Jenis Ancaman Melalui IT


Ancaman ini mendasarkan pada komputer sebagai alat untuk melakukan tindakan yang tidak benar. Penggunaan sistem berbasis komputer terkadang menjadi rawan terhadap kecurangan (fraud) dan pencurian.

Metode yang umum digunakan oleh orang dalam melaku kan penetrasi terhadap sistem berbasis komputer ada 6 macam :

1.    Pemanipulasian
Masukan Pemanipulasian masukan merupakan metode yang paling banyak digunakan, mengingat hal ini bisa dilakukan tanpa memerlukan ketrampilan teknis yang tinggi. Contoh seorang teller bank ditemukan mengambil uang dari rekening-rekening bank melalui sistem komputer.

2.    Penggantian Program 
Pemanipulasian melalui program biasa dilakukan oleh para spesialis teknologi informasi.

3.    Penggantian berkas secara langsung
Pengubahan berkas secara langsung umum dilakukan oleh orang yang punya banyak akses secara langsung terhadap basis data.

4.    Pencurian data
Dengan kecanggihan menebak password atau menjebol passWord para pencuri berhasil mengakses data yang seharusnya tidak menjadi hak mereka.

5.    Sabotase
Sabotase dapat dilakukan dengan berbagai cara. Istilah umum digunakan untuk menyatakan tindakan masuk ke dalam suatu sistem komputer tanpaotorisasi, yaitu hacking.


Berbagai teknik yang digunakan untuk melakukan hacking :

•    Denial of Service
Teknik ini dilaksanakan dengan cara membuat permintaan yang sangat banyak terhadap suatu situs sehingga sistem menjadi macet dan kemudian dengan mencari kelemahan pada sistem sipelaku melakukan serangan pada sistem.

•    Sniffer
Teknik ini diimplementasikan dengan membuat program yang dapat melacak paket data seseorang ketika paket tersebut melintasi Internet, menangkap password atau menangkap isinya.

•    Spoofing
Melakukan pemalsuan alamat email atau web dengan tujuan untuk menjebak pemakai agar memasukkan informasi yang penting seperti password atau nomor kartu kredit.

Berdasarkan Sasaran Kejahatannya
•    Menyerang Individu (Against Person)
•    Pornografi.
•    Cyberstalking
•    Cyber-Tresspass, Contoh: Web Hacking, breaking the PC, Probing, Port Scanning, dsb.
•  Menyerang Hak Milik (Against Property), Contoh: carding, cybersquatting, typosquatting, hijacking dan data forgery.
•    Menyerang Pemerintah (Against Government)

0 komentar:

Posting Komentar