Kamis, 10 April 2014

Web Browser

  

  Web Browser adalah suatu program atau software yang digunakan untuk menjelajahi internet atau untuk mencari informasi dari suatu web yang tersimpan didalam komputer. Awalnya, web browser berorientasi pada teks dan belum dapat menampilkan gambar. Namun, web browser sekarang tidak hanya menampilkan gambar dan teks saja, tetapi juga memutar file multimedia seperti video dan suara. Web browser juga dapat mengirim dan menerima email, mengelola HTML, sebagai input dan menjadikan halaman web sebagai hasil output yang informative.  Dengan menggunakan web browser, para pengguna internet dapat mengakses berbagai informasi yang terdapat di internet dengan mudah. Beberapa contoh web browser diantaranya Internet Explorer, Mozilla, Firefox, Safari, Opera, dll. Fungsi Web Browser adalah untuk menampilkan dan melakukan interaksi dengan dukumen-dokumen yang disediakan oleh web server.


Sejarah Perkembangan Web Browser
*Pada tahun 80an Tim Berners Lee adalah seorang ilmuwan yang pertama kali mengembangkan , hanya saja waktu itu belum terhubung jaringan. Akhirnya pada tahun 1991 Tim Bernes Lee meluncurkan browser pertamanya. Web Browser pertama menggunakan perintah teks biasa dan hanya bisa menampilkan dokumen teks.
*Pada tahun 1993, Marc Andreessen, seorang mahasiswa Universitas Illinois, menciptakan web browser berbasis grafik yang diberi nama Mosaic. Mosaic mampu menampilkan dokumen grafis dan menggunakan user interface (tampilan) grafis

*Selanjutnya Marc Andreessen menjadi salah satu pendiri Netscape, perusahaan pembuat web browser Netscape Navigator.


*Sampai saat ini ada beberapa web browser yang cukup banyak digunakan, antara lain Internet Explorer dari Microsoft, Netscape Navigator dari Netscape, Mozilla, Opera, dan Google Crome.

INTERNET EXPLORER
*Tahun 1995: Internet Explorer 1.0 Debut waktu Windows 95 dengan Internet Explorer, menjadikan Internet Explorer menjadi lebih banyak lagi dicapai bagi banyak orang. Teknologi Internet Explorer semula dikapalkan sebagai Internet Jump start Kit di Microsoft Plus! Untuk Windows 95. Internet Explorer mengganti keperluan karena instalasi manual yang tidak praktis dalam melangkah bila diperlukan oleh banyak shareware browsers.

*Tahun 1995 : Internet Explorer 2.0 Pada November 1995, Microsoft mengeluarkan browser terlebih dulu, Internet Explorer 2.0, yang mendukung baik pemakai Windows Macintosh maupun sebanyak 32 bit. Dengan Internet Explorer 2.0 datang beberapa teknologi Internet baru yang menawari pengembangan Jaringan dan perancang kekuasaan untuk mendesain Web Site media yang aman dengan kemampuan pelacakan.

*Tahun 1996 : Internet Explorer 3.0 Didesain untuk Windows 95, Internet Explorer 3.0 adalah teknologi yang menawari bagian yang berguna dan dengan segera dapat menarik pemakai, termasuk Pos Internet dan Berita 1.0 dan Windows Address Book. Dan bertambah, Microsoft NetMeeting® dan Windows Media Player.

*Tahun1997: Internet Explorer 4.0 Desain dari Windows 95, Windows 98, dan Windows NT®, teknologi Internet Explorer 4.0 adalah ibarat seorang pemain depan dengan langkah berarti. Bagi pengembang Jaringan, tambahan Dynamic HTML (DHTML) menandakan langkah berikutnya di pola Jaringan. DHTML memberi pengembang Jaringan lebih banyak kontrol tentang isi dan gaya yang membuat kesempatan yang dulunya sudah mungkin hanya dengan lamaran perangkat halus.

*Tahun 1998 : Internet Explorer 5.0 Pada September 1998 pembebasan teknologi Internet Explorer 5.0, pengembang dapat mampu untuk mendesain beberapa Jaringan yang lebih spesifik. Kemampuan DHTML diperluas, memberikan pengembangan Jaringan lebih banyak keluesan dan tenaga untuk membuat Web Site interaktif.

*Tahun 2001 : Internet Explorer 6 teknologi Internet Explorer 6 dikeluarkan dengan Windows XP pada tahun 2001 secara lebih pribadi, dan dapat diandalkan, dengan teknologi yang fleksibel daripada versi sebelumnya. Karena kebebasan pribadi dan keamanan sudah menjadi prioritas pelanggan, Microsoft menggunakan alat yang dapat menyangga Platform for Privacy Preferences (P3P), teknologi yang dikembangkan oleh World Wide Web Consortium (W3C).

Netscape Navigator
  Pada tahun 1996, Pasar browser Netscape's share mencapai angka 86% (dengan Internet Explorer merayap naik 10%), tetapi kemudian Microsoft mulai mengintegrasikan browser dengan sistem operasi dan menjalin hubungan bundling dengan OEM. Walaupun pada awalnya Microsoft menghadapi “Antitrust Ligitation”, tetapi akhirnya perang browser berakhir setelah Netscape menyatakan tren pasar saham bersifat ireversibel. Sebelum dirilisnya Mac OS X, Internet Explorer dan Netscape menjadi browser utama yang digunakan pada platform Macintosh.

 
Karena tidak dapat melanjutkan pendanaan pengembangan produk komersial, Netscape  dengan membuka sourcing produk, menciptakan Mozilla. Pada akhirnya Netscape dibeli oleh America Online padaakhir tahun 1998. Awalnya, proyek Mozilla berjuang untuk menarik pengembang. Tetapi perkembangannya begitu cepat sampai pada tahun 2002 Mozilla telah berkembang menjadi sebuah suite internet yang relatif stabil dan kuat.Pada tahun 2002 akhirnya Mozilla 1.0 dirilis

0 komentar:

Posting Komentar