Kamis, 10 April 2014

Perkembangan Arsitektur Web

Pada saat sekarang ini siapa yang tidak mengenal teknologi web, web merupakan salah satu teknologi yang mampu mempercepat kemajuan peradaban manusia. Dengan web segala informasi dan ilmu pengetahuan dapat berkembang dengan baik dan cepat, kita semakin mudah untuk saling berkomunikasi real time meski tanpa harus bertatap muka dengan orang yang kita ajak berkomunikasi.

Kemajuan perkembangan Web tidak lepas dari beberapa kemajuan dari generasi ke generasinya, pada perkembangan arsitektur web ini mengalami 3 buah perubahan generasi. Perubahan ini meliputi perubahan yang terjadi pada generasi pertamanya atau generasi 1.0, kemudian disusul dengan perubahan di generasi 2.0, dan yang terakhir hingga saat ini yaitu generasi 3.0. Perkembangan disetiap generasinya hanya meliputi perubahan stardar yang dimasukan pada web digenerasi nya. Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah perubahan perubahan tersebut.

Web 1.0
Pada generasi ini pengguna web hanya dapat melihat konten yang terdapat disuatu situs tanpa dapat mengubah dan berikut serta dalam apa yang disajikan pada situs tersebut, sehingga pada generasi ini biasa disebut dengan web statis atau yang dimaksud adalah web yang hanya bersifat satu jalur saja dalam penyampain informasinya.

Web 2.0
Pada generasi ini perbedaan sangat terliahat antara web 1.0 dengan web 2.0 yaitu pengguna web sudah mengalami peningkatan teknologi dimana pada generasi ini kita sudah dapat berinteraksi dengan konten yang berada dengan situs yang kita buka. Pergeseran antara generasi web 1.0 dan web 2.0 dapat dilihat dari segi berikut ini yaitu :

Perbaikan teknologi yang ada pada generasi 1.0, yang meliputi adaptasi atau penyesuaian seperti "broadband, browser yang lebih baik, dan AJAX , munculnya flash platform aplikasi dan perkembangan massa widgetization, seperti Flickr dan YouTube" Pada generasi ini web 2.0 ini dicirikan dengan pengguna web kini tak hanya sebagai konsumen saja melainkan menjadi Prosumers atau dengan kata lain pengguna berperan sebagai produsen atas suatu konten dan juga sebagai konsumennya.

Adapun contoh yang termasuk Web 2.0 adalah situs jaringan sosial, blog, wiki, video sharing situs, layanan hosting, aplikasi web, mashup dan folksonomies. Istilah ini terkait erat dengan Tim O'Reilly karena konferensi O'Reilly Media Web 2.0 pada akhir 2004. Meskipun istilah menunjukkan versi baru dari World Wide Web , tidak lihat pembaruan untuk setiap spesifikasi teknis, melainkan untuk perubahan kumulatif dalam cara-cara perangkat lunak pengembang dan pengguna akhir menggunakan Web.



Berikut ini beberapa kelebihan dari Web 2.0 :
v  The Web as Platform (Pengerjaan suatu aplikasi/tulisan dapat langsung dikerjakan di media internet tanpa harus mengerjakannya terlebih dahulu di windows desktop)
v  Harnessing Collective Intelligence (Web 2.0 memiliki kinerja untuk memanfaatkan tulisan orang lain untuk mengisi konten web secara kolektif (tidak hanya webmaster yang mengisi konten sendiri), contohnya seperti youtube.
v  Data is the Next Intel Inside (merupakan suatu garansi kepercayaan dari para pemberi data kepada pemilik website bahwa pada era web 2.0 data sangatlah penting dan harus di update setiap waktu)
v  End of the Software Release Cycle (pada web 2.0 aplikasi software dapat langsung digunakan lewat internet/internet menjadi platform menjalankan program)
v  Lightweight Programming Models (pembuatan web 2.0 menggunakan bahasa yang ringan dan mendukung pengembagan program)

Dan berikut ini beberapa perbedaan mendasar yang dikembangkan dari web 1.0 ke web 2.0 :
Ø  Pada Web 1.0 penggunaan web hanyalah untuk dibaca saja (read only) sedangkan pada Web 2.0 sudah ditambahkan fungsi untuk berinteraksi dengan menulis sesuatu didalam web (read and write)
Ø  Pada Web 1.0 hanya bersifat satu arah komunikasi sedangkan pada Web 2.0 berjalan dengan komunikasi dua arah
Ø  Web 1.0 berjalan dari client-server sedangkan Web 2.0 dengan peer to peer
Ø  Karakteristik lebih jauh tentang web 2.0 akan mengenai tentang keterbukaan,kebebasan dan kolektif yang tidak didapatkan pada web 1.0.

Web 3.0
Pada generasi ini web mengalami banyak transformasi dan evolusi, pada generasi ketiga ini web dapat lebih mudah membantu manusia, dan pada generasi ini web sudah mengalami perbagian desain yang membuat konten menjadi lebih menarik. Web 3.0 diyakini sebagai generasi ke tiga dari internet yang akan berkembang pada dekade 2010-2020.

Web 3.0 ini mempunyai beberapa karakteristik sebagai berikut :
ü  Semantic Web, sebuah web dengan kemampuan membaca situs semudah manusia membacanya. Satu informasi yang dibutuhkan oleh manusia dapat dengan mudah tersajikan dengan korelasi informasi yang tepat dan cepat.
ü  The 3D Web, Nuansa web semakin menarik dengan kemampuan visual 3 dimensi. Kita dapat mengunjungi berbagai tempat di dunia secara virtual dengan kemampuan akses data dan interaksi secara realtime tanpa harus meninggalkan rumah.
ü  The Media-Centric Web, keyword bukan lagi satu-satunya cara untuk mendapatkan informasi yang kita tuju. Photo, audio, video akan menjadi cara lain untuk mencari informasi yang kita inginkan.
ü  The Pervasive Web, web akan dengan mudah diakses dengan berbagai cara maupun perangkat. Tidak harus menggunakan komputer atau laptop. Berbagai perangkat mobile pun sekarang sudah sangat banyak yang mendukung.
ü  Atrificial Intelegence, Digunakan untuk menggambarkan jalur evolusi yang mengarah pada kecerdasan buatan
ü  Ditambah lagi dengan adanya HTML5 yang memungkinkan anda memutar media file tanpa perlu plugin Adobe Flash Player ataupun Microsoft Silverlight. Bahkan bisa membuat grafik 3D yang menawan hanya dengan HTML5, CSS3, Javascripts, dan WebGL. Ini merupakan generasi web yang luar biasa.





Sumber:
http://www.cscan.org/presentations/08-11-06-MikeEvans-Web.pdf
http://en.wikipedia.org/wiki/World_Wide_Web 
http://en.wikipedia.org/wiki/Web_1.0
http://en.wikipedia.org/wiki/Web_2.0
http://es.wikipedia.org/wiki/Web_3.0
http://en.wikipedia.org/wiki/History_of_the_World_Wide_Web
http://www.darrenbarefoot.com/archives/2006/05/web-10-vs-web-20.html
http://www.practicalecommerce.com/articles/464-Basic-Definitions-Web-1-0-Web-2-0-Web-3-0

0 komentar:

Posting Komentar